Senin, 15 April 2013

Mahasiswa Harus Inovatif, Kreatif, dan Inspiratif

PADA umumnya, Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program intrakulikuler yang bertujuan memberikan pendidikan secara langsung atau bersifat nyata kepada mahasiswa. Pelaksanaannya pun di lokasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan melibatkan masyarakat, agar hasil dari KKN tersebut bisa diimplementasikan dan memberikan manfaat nyata pula bagi masyarakat.

Karena pada dasarnya sasaran KKN itu sendiri adalah mahasiswa itu sendiri, masyarakat bersama pemerintah daerah atau institusi serta Perguruan tinggi. Namun kenyataannya ada beberapa mahasiswa juga masyarakat yang memandang KKN sebagai fomalitas semata.

Menurut Kepala Unit Pelayanan Terpadu Kuliah Kerja Nyata (UPT-KKN) Unhas, Dr Hasrullah MA, pandangan masyarakat terhadap KKN sebagai formalitas semata itu bisa saja betul. Maka dari itu, mahasiswa sekarang itu harus mempunyai persiapan atau basik sebelum mengikuti KKN. Selain itu, mempunyai program yang kreatif dan bermanfaat serta dapat diimplementasikan.

"Itu bisa saja benar jika mahasiswa hanya datang dan tidak membuat apa yang bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah. Olehnya, mahasiswa harus membuat program jangka panjang, kegiatan serta loka karya yang dibutuhkan oleh masyarakat dan pemerintah yang bersinergitas dan bermanfaat dengan masyarakat agar masyarakat tidak bosan dan tidak memandang KKN sebagai formalitas semata," ujarnya.

Hasrullah menambahkan, mahasiswa itu harus mempunyai basik dan program yang matang sebelum melaksanakan KKN. "Intinya, mahasiswa itu harus inovatif, kreatif, inspiratif, interdisipliner dan multidisipliner agar KKN berbuah hasil yang memuaskan dan stigma masyarakat terhadap KKN itu tak lagi sebagai formalitas semata," tutupnya. (ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar