Senin, 01 April 2013

Tri Dharma PT Harus Ditegakkan

REPORTER : ARIE APRIADI SAPUTRA
EDITOR : ARSYAD HAKIM

IDEALNYA "masyarakat" kampus berpegang teguh pada Tri Dharma Perguruan Tinggi secara utuh. Apalagi telah didukung Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Dengan demikian, perguruan tinggi tidak boleh lagi membeda-bedakan antara bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Ketiga pilar itu harus dikembangkan, ditumbuhkan serta ditegakkan.

Lantas bagaimana tanggapan mahasiswa Makassar terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi? Apakah sudah berjalan dengan baik?

Di mata Hidayat Akbar, mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Tri Dharma Perguruan Tinggi, tak sekadar slogan tapi kewajiban yang harus dilaksanakan. "Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian adalah satu kesatuan yang harus dikombinasikan secara faktual dalam kehidupan masyarakat kampus," urai mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi ini.

Bagi Dayat, sapaan akrab mahasiswa ini, makna Tri Dharma Perguruan Tinggi, sangatlah dalam dan mendasar. "Karena mahasiswa sebagai subjek yaitu ujung tombak masyarakat sekaligus pemuda yang seharusnya memiliki karakter idealisme yang bagus," tambah pria kelahiran Makassar, 30 Juni 1992 ini.

Muh Almaliki, mahasiswa Universitas Fajar,  juga berkomentar mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Baginya, kandungan Tri Dharma Perguruan Tinggi tidak bisa dipisah-pisahkan dan harus jalan beriringan.

"Menurut saya, Tri Dharma Perguruan Tinggi itu adalah hal yang mutlak diperjuangkan civitas akademika. Hanya saja, terkadang pihak-pihak perguruan tinggi tidak melaksanakannya dengan baik. Contohnya, dipersulitnya mahasiswa kurang mampu mengenyam pendidikan yang layak," tutur mahasiswa jurusan Sastra Inggris ini.

Tanggapan lainnya datang dari Ririn Apriyanti Amin. Mahasiswi jurusan Ekonomi Manajemen UMI Makassar ini mengatakan,
Tri Dharma Perguruan Tinggi memang harus dilaksanakan. Tak bisa, kata dia, hanya satu item saja yang menonjol.    

Itulah tadi tanggapan beberapa mahasiswa terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harapan mereka, Tri Dharma Perguruan Tinggi atau tiga kewajiban perguruan tinggi harus dijalankan dengan baik. Apalagi, ketiga faktor ini erat hubungannya, sebab penelitian harus menjunjung tinggi kedua dharma yang lain. Penelitian diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi.

Untuk dapat melakukan penelitian diperlukan adanya tenaga-tenaga ahli yang dihasilkan melalui proses pendidikan. Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagi hasil pendidikan dan penelitian hendaknya diterapkan melalui pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar